#3 Tidak Menyalahkan Apapun

17:58 rafi 0 Comments

"Jangan pernah salahkan BG, jika akademikmu Bermasalah"
Sebuah kalimat pembuka, yang bisa direnungkan bersama dan dalam konteks apapun. Kutipan ini aku dapatkan sewaktu sosialisasi dengan bang Pandu, Fisika 2009, yang saat itu sedang menjadi orang no.1 di BG, yaitu seorang Presiden. Aku sempat merenung kala itu. Aku merenung, karena seorang Rafi, yang baru saja tingkat 1, bahkan belum melewatkan 1 semester, sudah diberi petuah sedemikian rupa.

Belajar di kampus ini memang sulit, banyak yang bilang "Kau perlu fokus agar selamat". Kemudian aku teringat satu janji, yang telah kuwanti-wanti dari SMA "Ah, aku fokus dulu belajar, kalau aktif organisasi mah bisa waktu kuliah". Itu janjiku dulu.

Kembali ke topik, dalam pikiranku, aku mengartikan kutipan ini sebagai "Raf, masalah bukan di BGnya, bukan sesibuk apa, bukan seberapa berat bebannya. Tapi kuncinya di kamu, karena kamu yang megang kendali atas dirimu. Akademik, non-akademik, semua memiliki porsinya masing-masing. Yang harus kau lakukan, adalah bagaimana kamu memenuhi porsi masing-masing, dengan adil mungkin". Yah, ini yang terpikir dan masih kupegang sampai sekarang.

Bill gates, Stephanie Meyer, JK Rowling, Jokowi, Prabowo, Dosen, Guru, Jonan, tukang bubur, tukang becak, siswa SD, SMP, SMA, bahkan kita Mahasiswa punya jumlah waktu yang sama 1 hari, yaitu 24 Jam. Lantas, apa yang membedakan? Hmmmmm, banyak ! Segala aktivitas, pemanfaatan waktu tiap tiap individu pastinya berbeda-beda, kan? Sebagai mahasiswa, apa saja sih aktivitas fundamental kita? Belajar, makan, doing 'something', nugas, nge-lab, bahkan Tidur. Semua punya porsinya masing-masing, dan KENDALI penuh ada di dirimu!

Hmmmmm, ada satu hal yang sejatinya seorang mahasiswa harus pilih, yaitu : Tidur, Akademik, dan Sosial. Well, kamu hanya bisa memilih 2 diantara ke-3nya. Ingat, semua kendali kamu yang pegang, bukan temanmu, bukan dosen, bukan ibu kost, tapi kamu, iya, kamu.

Beberapa diantara kalian, pasti akan berkata "Kenapa ga ketiga-tiganya?". Well, sorry to say, tapi kau bakal menjadi orang yang Biasa-biasa aja di lingkunganmu. For real. Kau akan dianggap biasa aja di lingkungan unit atau himpunanmu karena kau tak selalu berada disamping mereka, paling ngga, ketika kau dibutuhkan, kau ga ada. Mungkin sedang melaksanakan kegiatanmu yang lain yang harus diseimbangkan(?). Adapun di bidang akademik, kamu akan menjadi orang yang biasa-biasa aja juga :) Jika kau pesaing, kau akan dikalahkan oleh orang-orang yang memberikan waktu lebih untuk kegiatan akademik mereka, ya kan? Kecuali kau memang seorang jenius, hmmmm, asumsikan dulu kalau kau mahasiswa yang masih biasa aja yak. Disisi lain, kau akan mendapat kebahagiaan karena waktu tidurmu cukup. Selamat ! Tapi ingat, bidang yang lain yang bakal biasa-biasa aja. Mau jadi orang yang biasa aja?

Nah, mangkanya pilihannya cuma dua. Aku pribadi, udah memfokuskan pada dua pilihan : Akademik dan Sosial. Akademik? Well, gausah ditanya, ini salah satu kewajiban karena udah pesan orang tua. Sosial? Hmmmmm, sebagai sebuah janji, aku memutuskan untuk merubah diri menjadi seseorang yang tidak an-sos. Seriously, Rafi di waktu SMA mah an-sos abis. But, that was me ! Hoho. Aktivitas sosial bisa dimulai dari pertemanan hingga mengambil tanggung jawab di badan pengurus beberapa organisasi. Tak perlu kusebut, tapi beberapa diantaranya cukup .... menyita waktu huehue.

Nah, dengan demikian, waktu tidur rafi, selalu rafi kurangi porsinya. Misalnya saja, tidur jam 00 atau 01 malam, kemudian pasang alarm jam 05 pagi, sudah .... tidak tidur lagi, terkadang di siang hari, kalau benar-benar kosong, baru bisa tidur siang bentar. As simple as that. Karena banyak banget Deadline tugas, praktikum, laporan, dibumbui oleh deadline proker yang, unbelievable required. I need to fulfill that in order to improve my hardskill in academy, softskill in organization, and keep 'trust' from my social enviroment. Target Academy? I do have ! Social? Definitely ! If you don't success to achieve it, DON'T EVER Blame others EVER ! It must be you, too lazy, too slow, or too wasting time. Remember that

"Controls in you !"


You Might Also Like

0 comments: