Jangan Anggap Remeh UN yah Dik :)

21:55 rafi 0 Comments



Adik adik, gak terasa, beberapa hari lagi, kalian sudah dapat pin. Yak benar, pin untuk pendaftaran SNMPTN Undangan. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, SNMPTN undangan itu penilaiannya berdasarkan 3 kriteria. yaitu :

1. Nilai Raport

Nilai Raport ini memang terbilang sangat penting. Kalau nilai raport tinggi, yah bisa saja kemungkinan lulus undangan itu semakin besar. Tapi jangan salah, universitas tidak percaya seratus persen untuk nilai raport loh. Kenapa? Karena Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) disekolah itu berbeda beda. Belum lagi, cara penilaian sekolah. Misal nilai 80 di sekolah X tergolong sudah sangat bagus karena penilaian yang ketat, sedangkan disekolah Y, nilai 90 saja banyaknya gak ampun. Nah, Universitas menilai dari sisi sekolah mana.


Intinya, buat adik adik yang baru masuk juga, belajarlah yang serius mulai dari awal. Jangan pernah bosan, toh kalau kita 'sungguh sungguh', pasti kita akan mendapatkan yang spesial. Misalnya lulus PTN waktu kelas 3.:D. Terus, kalau udah kelas 3, kita tinggal ngulang ngulang, udah mantapkan? sudah siap UN, SNMPTN, bahkan SBMPTN. Keep Spirit .


2. Alumni
Alumni ? Nah, ini juga termaksud penting loh! Kenapa? Karena, alumni sekolah kalian yang sedang atau sudah lulus dari Universitas yang kalian pilih, cukup besar pengaruhnya. Universitas bisa menilai sekolah itu bagus, dari prestasi alumni kalian disitu. Jika tahun tahun lalu, alumni kalian ada yang 'menolak' masuk saat telah 'diundang', bisa bisa universitas yang kalian minati itu kurang 'respect' lagi sama sekolahmu. Jadi, hati hati dalam memilih yah. Pilihlah universitas kalian dengan jurusan yang benar benar diminati, lulus ataupun tidak lulus, itu perkara belakangan. Toh kalau kalian sudah diterima tapi diambil, bisa gak fokus sama kuliah. Ujung ujungnya? IPK bahaya! Gimana mau belajar, wong hati ini sudah menolak~ Ataupun tidak diambil, yang kasian adik adik kelas kalian kan? Ingat! Yang penting itu MINAT! Tapi jangan lupakan yang namanya 'Kemampuan' yah~

"Bang, kalau misalnya saja di ITB, kebetulan tidak ada alumni nih bang dari sekolahku. Gimana dong?". Nah, jawaban atas pertanyaan ini kayak abang dulu :) Sekolah abang kebetulan masih terbilang "Muda" dalam dunia pendidikan. Alhamdulillah, abang bisa Lulus kok disini. Intinya sih kerja keras dan berdo'a. Kabarnya, Universitas tidak mungkin menerima siswa yang dari sekolah itu itu saja. Biasanya sih, universitas akan 'coba coba' untuk memasukkan kalian ke bagiannya. Walaupun itu sekolah yang tidak terkenal. Nah, mungkin itu juga sih, mungkin mereka bisa meluluskan abang disini karena 'coba coba' tadi. Who knows~ Kalau sudah 'coba coba' ternyata bagus anaknya. Kembali lagi, yang untung adik kelas kan? Berbahagialah kalian adik adik. Hahaha~

Yang penting kita Besyukur :)

3. Ujian Nasional (UN)

"Bang, tahun kemarin kan Ujian Nasional gak masuk kriteria penilaian! Jadi gimana dong bang? Lulus pas pas an boleh lah yah?! Yang penting lulus kan?". Eh, tunggu dulu adik adik! Jangan berfikir yang seperti itu. Kenapa? Ternyata, untuk tahun ini, Ujian Nasional termasuk kriteria penilaian loh (sumber : okezone). Belum lagi, abang  dengar wacana kalau UN bakal disusahin soal soalnya, mungkin saja bisa mirip soal SNMPTN Tulis yang tergolong sulit. Terus, ada wacana juga, kalau UN bakal jadi 20 paket. Wow! Bagus! Kenapa? Tingkat kecurangan pasti bakal sedikit, dan semoga tidak ada lagi yang curang. Coba bayangin, dari sekolah kita sudah berbuat curang, bagaimana sudah besar nanti?! Yah, ujung ujungnya, mencetak koruptor koruptor baru. Jadi, usahakan supaya bersih yah dik! "Bagaimana sih bang caranya supaya bersih, tapi nilai UN nya bagus?" Yah tentunya belajarlah adikku sayang. Siapkan dari sekarang! Jangan main main lagi! Tinggal beberapa bulan loh. Semangat!

Ingat juga yah! Persiapkan dirimu SBMPTN juga. Seperti tulisan abang sebelumnya, kalau SNMPTN ini saingannya berat loh! Banyak banyak latihan soal yah. Kalau mulai bosan, liat foto Mamak sama Ayah, manatau dengan begitu bisa memotivasi lagi. Oh iya, hampir lupa nih. Tetap DO'A dan IBADAH yah :D

Semangat

Quote : 
Masa muda itu masa belajar! -Medica-
“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.” (Hadist Nabi)


Terima Kasih sudahBaca. Semoga Bermanfaat dan menambah motivasi adik adik yah !
CMIIW (Correction Me If I Wrong) yah ! ;)

Nah, ada tambahan lagi nih adik adik :

Info dari kak Nike Taruna, salah satu aktivis di Medan :D katanya gini :


Untuk Info Point #1 diatas, nilai KKM sekolah sekarang di Input juga loh. Terus, ada nilai yang gak lulus (dibawah KKM) dan ada juga nilai yang Remedi. Jadi, abang nangkepnya sih gini :

Waktu SNMPTN Undangan, nilai KKM (yang disetiap sekolah itu berbeda) di Inputkan juga. Terus, kalau sikawan ada yang Remedi, Nilai yang diremedi itu diinputkan juga. Nah, nilai setelah remedi, diinputkan juga. Waduh, makin beratkah saingan? Pasti! Karena ternyata sistemnya seketat ini. Semangat yah adik adik :D

You Might Also Like

0 comments: