Rafi and the beginning of new year resolution

23:13 rafi 2 Comments



Bismillah!

Aloha gaes ..... Iya, jadi gue malam ini mau sharing banget tentang New Year Resolution di tahun 2018. Yups, kok harus dishare? Well, perhaps you already know lah terkait kenapa gue sampe bikin Goals ini kan? Bisa dibaca disini.

Dari sekian banyak Quote terkait new year resolution, ini yang paling membangun haha. Yang lainnya mah sampis!
Nah, berdasarkan jawaban Quora yang gue baca di tulisan sebelumnya. To make it accountable, and perhaps could motivate me more, gue akan sharing dari awal, apa aja sih yang menjadi Goal gue di tahun ini.

The rating of myself

I know it sounds cheesy but, it's extremely important to know yourself better, right? At what stage am I right know, and how to improve it to the next level?

Ya, jadi gue rating diri gue dalam 5 hal (sejauh ini sih baru 5).
1. Health/ Kesehatan (6/10)
Baiq. Kesehatan masih w rating 6 karena ..... Sejujurnya gue hampir tidak pernah izin sakit. Kalaupun sakit, pasti tetep diusahakan datang ke kantor, and do the best for doing so. Tapi for the last 3 month, dari diri gue sering banget ga enak badan-nya. Which means, gue emang ga sesehat dulu. Mungkin bisa dikarenakan pola makan juga, atau malah pola tidur. Intinya, masih sering ga fit untuk beraktifitas.

2. Wealth (5/10)
Hmmm, yang ini gimana yah. Udah jelas banget ini masih 5 dan jelek, karena duit tabungan dikit banget, sering dibelanjakan hal-hal ga penting, apalagi soal makanan. Iya, habisnya untuk hal-hal konsum yang ga keliatan batang idungnya :( So ...... Nabung!

3. Intelligence (6/10)
Sejujurnya dari gue masih merasa belum kerja cerdas, alias belum terlalu efektif. Sering banget kurang attention to detail, dan mengulangi proses yang  sama over and over again. Yups, ini persoalan tentang manage diri, serta minimnya pengalaman. Yet, masih merasa analisis yang gue generate not insightful enough :( Dalam hal Big Picture masih jelek, serta belum capable breakdown thoroughly. Obviously need to read more and more!

4. Social (7/10)
Doing oke, but stuck with same not-so-great circle. Iya, ini yang gue maksud temen hang out :( Kayaknya perlu cari mentor/teman lain, yang mana konteks cerita tidak berkaitan tentang Cewe, kehidupan kuliah, gosip, but knowledge/ skill we have instead.

5. Fun (6/10)
"There is no end in Food". Unfortunately, this life is boring as fuck. Recently, I thought it's more fun when you can around with your family instead. Seriously. Need to change my POV about "Fun" tho. Huhuhu, terkesan sedih ya hahaha.

Baiq.

Sekarang saatnya masuk ke bagian penting. From my current stage, how far I should move to the next level? Everything would be answered one by one, for each category instead.

-- Health (Possibly move to 8/10)
How come? Sudah jelas, hal yang paling utama harus w lakukan adalah Diet. Yang menurut temen gue kate, adalah perbaiki pola makan (of course with the diet itself). Gue akan mengurangi carbo dan fokus ke protein/vitamin instead. Yups. kalo beli nasi harus 1/2 atau tidak sama sekali dan diganti pergedel :") For protein, gue kayaknya berputar di telur atau ikan, serta memperbanyak sayuran! Agar....

Sebuah visi
Serta
Sebuah visi.
Masih terkait kesehatan. Gue harus akui kalo gue sangat kurang olahraga! Yaps, karena sesungguhnya tidak ada manusia yang benar-benar sibuk, w jelas tidak mempertimbangkan/ memprioritaskan hal ini :') Samsek. Jadi, dengan menargetkan hal ringan, yakni lari minimal 30 menit sehari. W rasa itu tidak sulit dibuat. Belum lagi setelah update hal ini, temen w yang runner langsung japri w terkait .... Berlari sambil meditasi :) Yups, lari tanpa musik, dan berdoa/ hitung nafas instead. Thanks mike sarannya!
Bismillah, lari akan dimulai pagi, so .... harus bangun jam 5 banget!

Meme pemberi semangat
Sip.

Terakhir, dari hampir banyak artikel yang w baca, semua merekomendasikan untuk tidur minimal 7-8 jam. Tbh gue udah ngelakuin itu sih. Tapi .... Gue kan biasa tidur jam 12an tuh, terus bangun jam 8. Padahal most successful person most likely get up early every single day. To get the extra hours and refresh thy mind to its fullest. Artinya .... Gue harus perbaiki pola tidur gue! Instead of sleeping at 12, I want to move it to 10/11 instead. Bismillah!

-- Wealth (Improve to 7/10)

Hahaha, Meme ini selalu muncul dipostingan w
Yoi, perihal Wealth ini bukan perkara simple kan yah ._. Jadi gue udah berniat untuk saving duit x Mio perbulan. Cant give you the number but .... the point is, if I could rise my salary -perhaps to 30%*- this year, I intent to save it all monthly. Yups, would reduce things that consume my money unnecessarily!

* could be rose in many ways :D

Cause this one (?)
-- Intelligence (improve to 7/10) ya

Tbh, gue akan mencoba untuk lebih masuk akal dalam men-set goal gue. Bukan berarti gue anaknya ga risk taker ya, tapi baca buku itu habit baru untuk w. Mungkin waktu kuliah sering, tapi most likely sering lompat-lompatin juga, apalagi dibatasi dengan term waktu dan hal yang harus dipelajari ._.v

Oke, goal gue simple, at least namatin 1 buku perbulan (perhaps can be achieved 1 hour day worth reading a day) + doing online course 1 jam perhari + Baca quora/ random business article setengah jam perhari. Artinya, itu 2 setengah jam ekstra untuk doing something loh. Dan gue harus komit dengan hal itu ! Bismillah !


-- Social (Improve to 7/10)

Nah, kalo yang ini penting nih, buat nambah relasi. Thanks to "You are the average of 5 people surround you", I got the idea who I should relate to. Relasi itu penting, mungkin ga sekarang, tapi bisa jadi di lain waktu. Might be I am the one who need them or vice versa. Nah, gue akuin dari sisi sosial gue emang belum terlalu pede. + Gue sering banget nih misal ke acara meetup, malah main sama temen w yang udah w kenal :( Padahal ..... kan tidak begitu. Harusnya malah gue push myself to get friends/ sekedar kenalan as many as possible ga sih.

So .... gue harus berubah nih, rencananya sih mau cari kegiatan Volunteer atau sekedar ikut random meetup dengan same interest yang gue ingin bangun. Gitu.

I set deadline for volunteering stuff at 31st March 2018. Hopefully could get it soon ya.

-- Fun (Improve to 7/10)

Oke. Kayaknya tahun ini gue akan mencoba lebih banyak piknik. Dan gue sadari kalo gue tuh sukanya sama udara segar yang bisa gue hirup terus-menerus. Dan .... Bogor harusnya bisa nyediain itu! Jadi .... gue kayaknya minimal sebulan sekali akan ke Bogor buat sekedar piknik dan enjoy udara disana. Jika perlu, pergi ke daerah rindang buat sekedar senang-senang.

Pastinya, bakal mengurangi

Hahaha canda, gue mah anaknya ga pernah begini. Lul
Sip.

Sekian dulu gaes yang bisa gue share malam ini. Semoga tulisan ini bisa menghibur, menyemangati, dan tentunya ..... kalian bisa menjadi reminder tentang perjalanan w di tahun 2018 ini hahahaha.

Goodnight folks!

You Might Also Like

2 comments:

  1. HAHAHAHAHAHAHAHAHA JADI INGET TULISAN KAK TEPPY TENTANG AAC2 :") Semangat!

    ReplyDelete